Perlukah Pelatihan kursus Digital Marketing Dalam Dunia Bisnis ?

kursus Digital Marketing – Kemajuan teknologi memang memberikan dampak yang begitu signifikan terhadap kehidupan manusia. Bahkan bagi para pebisnis pun, hal tersebut sudah mulai dirasakan. Hal ini terbukti dari adanya pemanfaatan teknologi guna mengembangan suatu bisnis.

Para pengusaha rata-rata sudah mulai beralih dari cara pemasaran konvensional menjadi pemasaran dengan pemanfaatan teknologi atau biasa disebut dengan digital marketing. Meskipun dengan bantuan teknologi dan bisa dilakukan oleh siapapun.

Namun tak semuanya bisa memberikan dampak yang begitu signifikan terhadap perkembangan suatu bisnis. Maka dari itu jika Anda memang ingin menjalankan atau masuk kedalam dunia digital marketing. Setidaknya mulailah berlatih dengan menggunakan kursus digital marketing bersertifikat.

Pentingnya Melakukan Kursus Digital Marketing

Jika dilihat dari segi peningkatan pemanfaatan teknologi, baik bagi pengguna maupun para pelaku usaha. Maka tak bisa dipungkiri jika digital marketing semakin dibutuhkan. Hal ini juga mendorong terciptanya kursus digital marketing murah.

Setidaknya di beberapa kota besar sudah banyak ditemukan berbagai macam penyedia jasa kursus digital marketing. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika pelatihan digital marketing memang penting untuk dilakukan baik bagi para pelaku usaha maupun  bagi mereka yang ingin bekerja di ruang lingkup digital marketing.

Berikut adalah penjelasan terkait pentingnya melakukan pelatihan atau training digital marketing.

1.     Menambah Pemahaman Terkait Dengan Pemasaran Online

Hal pertama yang secara pasti Anda dapatkan ketika melakukan pelatihan dalam bidang digital marketing adalah bertambahnya wawasan atau pemahaman terkait dengan sistem pemasaran online.

Mentor yang ditugaskan memberikan pelatihan atau penjelasan terkait dengan bidang tersebut adalah mereka yang sudah memiliki standar keahlian dalam permasalahan digital marketing. Mereka akan menjelasakan bagaimana cara memanfaatkan dunia internet guna memngembangkan suatu bisnis, salah satunya adalah dengan menggunakan sosial media sebagai tempat melakukan promosi suatu produk.

Selain itu para mentor juga memiliki tugas untuk memberikan wawasan kepada audiens terkait dengan bagaimana cara menjalankan pemasaran secara online maupun konvensional. Sampai saat ini setidaknya ada beberapa orang yang berfikir jika media online sudah cukup untuk melakukan pemasaran suatu produk.

Jika dilihat dari segi peminatan produk, maka bisa dibilang masih terdapat beberapa calon pembeli yang perlu dilakukan pendekatan dengan sistem konvensional. Sebab tak semua orang memahami cara penggunaan media internet.

2.     Meningkatkan Skill

Meskipun Anda sudah memiliki sebuah pemahaman terkait dengan digital marketing lewat semua informasi internet. Namun tak bisa dipungkiri jika pemahaman Anda masih dalam tahap dasar dan masih kurang untuk menjadi seorang yang bergerak di bidang digital marketing dengan standar professional.

Maka dari itu diperlukan sebuah peningkatan skill yang dapat dibantu dengan mengikuti digital marketing training. Anda akan diberikan sebuah bekal pemahaman seperti berbagai macam platform yang dapat digunakan untuk pemasaran online.

Lalu Anda juga akan diberikan pengetahuan terkait dengan kelebihan dan kekurang dari setiap platform. Tak hanya itu saja, pasalnya Anda juga akan diajarkan bagaimana melakukan analisa terkait dengan kecocokan setiap platform yang digunakan untuk pemasaran produk Anda.

Yang perlu Anda ketahui adalah tidak semua platform dapat memberikan kenaikan atau pengemabangan pada bisnis Anda. Maka dari itu melakukan suatu analisa terkait kecocokan platform sangatlah penting dilakukan.

Namun jika Anda memiliki dana yang cukup besar, maka tak ada salahnya untuk melakukan pemasaran menggunakan berbagai macam platform.

3.     Mengerti Arah Bisnis Dan Target Pasar

Tak semua pengusaha mampu mengerti target pasar dan juga arah bisnis yang mereka buat. Beberapa pengusaha secara sembarangan dalam menentukan target audiens dari bisnis mereka.

Beberapa platform media menyediakan sebuah pengaturan yang dapat mengatur siapa target audiens yang akan dituju. Dimulai dari penentuan wilayah, jenis kelamin, usia, dan juga minat pengguna halaman internet.

Meskipun tak bisa dipungkiri jika tahap menentukan target pasar merupakan salah satu hal yang begitu rumit atau memerlukan pemahaman khusus. Permasalahan tersebut dapat teratasi jika Anda mengikuti training digital marketing.

Anda akan diberikan pemahaman bagaimana menentukan target pasar yang dituju. Target pasar yang begitu tepat akan mempermudahkan Anda dalam menentukan arah bisnis tersebut. Dimana Anda juga akan lebih mudah menentukan gaya konten dan juga bagaimana proses pemasaran produk yang perlu dilakukan.

Dengan begini bisa diartikan jika melakukan proses pemasaran produk dengan memanfaatkan teknologi memang memerlukan berbagai macam perhitungan.

4.     Menambah Relasi Bisnis

Dalam pelatihan digital marketing yang diadakan biasanya memiliki lebih dari satu peserta. Dimana dalam hal ini begitu menguntungkan bagi Anda yang berada di posisi peserta. Anda bisa mendapatkan ilmu dari para pengusaha atau pebisnis lain.

Anda bisa bertukar pemikiran, mendapatkan sharing strategi yang telah dilakukan oleh pebisnis lain, hingga yang paling menguntung adalah adanya kolaborasi bisnis yang tercipta dari produk Anda dengan produk pelaku usaha lainnya.

Dalam sesi pelatihan biasanya para mentor akan memberikan sesi atau waktu untuk para audiens untuk sharing yang berhubungan dengan bisnis mereka. Dengan begitu bisa diartikan jika melakukan pelatihan digital marketing memang begitu penting dilakukan.

Tips Memilih Pelatihan Digital Marketing

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika peminatan akan pelaku usaha yang menggunakan internet semakin banyak membuat para penyedia jasa pelatihan bidang digital marketing juga semakin meningkat.

Tentunya dari sekian banyaknya para penyedia jasa pelatihan tersebut tidak semuanya dapat memberikan dampak atau hasil yang begitu signifikan. Baik bagi Anda yang berada disisi peserta maupun bagi bisnis Anda.

Maka dari itu diperlukan sebuah tips dalam melakukan pemilihan tempat pelatihan bidang digital marketing. Berikut ini merupakan penjelasan tips tersebut.

1.     Menentukan Tujuan Menggunakan Pelatihan Digital Marketing

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan atau mengetahui apa tujuan dari melakukan proses digital marketing tersebut. Apakah Anda hanya ingin belajar pada tingkat dasar atau sampai tahap professional.

Sebab hal ini sangat diperlukan ketika pemilihan kelas pelatihan. Sebagai contohnya adalah ketika Anda ingin menjadi salah satu orang yang bekerja di bidang digital marketing spesial. Maka kelas mengenai dasar-dasar dan juga yang lebih menjuru ke tahap spesialis adalah kelas yang paling cocok menjadi pilihan.

Ketika Anda sudah menemukan tujuan dari melakukan pelatihan bidang digital marketing. Maka proses selanjutnya adalah meyakinkan diri sendiri jika mengikuti pelatihan bidang digital marketing lebih penting daripada belajar secara otodidak menggunakan bantuan informasi internet.

Dan pahami juga jika ilmu yang didapatkan dari para mentor profesional yang ada di dalam kelas pelatihan tersebut akan berguna ketika Anda sudah menyelesaikan proses pelatihan tersebut.

2.     Ketahui Informasi Fasilitas yang Diberikan

Mengetahui fasilitas yang ada di dalam ruangan pelatihan adalah salah satu hal yang wajib Anda lakukan. Tak hanya kelas yang nyaman lengkap dengan fasilitas AC saja. Namun ada beberapa fasilitas dukungan lainnya yang wajib ada di dalam ruangan pelatihan tersebut.

Sebagai contohnya adalah fasilitas seperti adanya alat yang digunakan untuk menampilkan video maupun audio. Sebab alat tersebut diperlukan untuk kelancaran pemberian materi kepada para peserta pelatihan bidang digital marketing.

Selain itu adanya tool berbayar yang dapat Anda gunakan untuk membuat maupun melakukan pengembangan suatu website. Namun tak semua memiliki fasilitas tersebut. Maka dari itu alangkah lebih baiknya jika Anda memilih tempat yang menyediakan fasilitas pembuatan dan pengembangan suatu website.

3.     Kualitas Pengajar Atau Mentor

Hal berikutnya yang tak kalah pentingnya adalah mengetahui kualitas dan latar belakang para pengajar maupun mentor. Anda bisa menanyakan pada bagian informasi terkait dengan latar belakang dari para mentor yang ada di dalam kelas pelatihan tersebut.

Selain itu informasi terkait pengalaman yang dimiliki oleh setiap pengajar tersebut juga harus Anda ketahui. Sebab Anda akan lebih diuntungkan dan lebih mudah berkembang ketika dituntun oleh mereka yang memiliki level profesional pada bidangnya.

4.     Jangkauan Waktu Dan Harga yang Ditawarkan

Setiap pelatihan yang dilakukan pastinya memiliki durasi waktu yang berbeda-beda. Selain itu harga juga selalu berbeda setiap kelas pelatihan yang akan Anda ikuti. Dalam hal ini Anda bisa menanyakan terkait paket kelas yang diberikan pada bagian informasi.

Yang perlu dipahami dan ditekankan adalah setiap paket kelas pelatihan membutuhkan waktu yang berbeda antara satu sama lain begitupun dengan harga yang ditawarkan. Dan yang lebih penting adalah dana yang Anda miliki.

Gunakan paket yang memang sesuai dengan kebutuhan. Artinya Anda bisa memilih paket dengan harga dan kelas yang memang Anda butuhkan saat ini. Hindari pemilihan kelas pelatihan yang memang belum Anda butuhkan. Dengan begitu dana dan juga tanaga yang Anda miliki tidak terbuang percuma.

5.     Pembelajaran yang Diberikan

Bukan hanya kualitas mentor yang harus dipertanggung jawabkan saja. Pasalnya materi pembelajaran yang diberikan juga harus benar-benar berguna. Mereka yang membuka kursus pelatihan terkait bidang digital marketing biasanya memiliki kurikulum dan modul.

Sebagai cotnohnya adalah ketika Anda ingin melakukan pelatihan dalam hal seperti SEO. Maka modul dan kurikulum yang diberikan haruslah berhubungan dengan kelas pelatihan yang Anda ambil tersbeut. Dengan begitu proses pembelajaran yang Anda lakukan akan terasa lebih mudah berjalannya.

6.     Tidak Mudah Tertipu Fasilitas Sertifikat

Bukan berarti dengan mengikuti pelatihan Anda bisa mendapatkan sebuah sertifikat. Sertifikat hanya dapat Anda miliki ketika Anda mengikuti suatu tes tertentu. Maka dari itu jika memang keinginan Anda mendapatkan sertifikat.

Maka salah satu fasilitas yang dimiliki oleh tempat pelatihan tersebut haruslah menyediakan link ujian yang hasilnya akan diberikan reward berupa sertifikat oleh pihak penyelenggara ujian tersebut.

7.     Lihat Tanggapan Alumni

Bukan hanya Anda yang mengikuti kursus ditempat yang telah dipilih. Sebelum Anda ada alumni yang sudah berkiprah dalam bidang digital marketing. Maka dari itu Anda bisa menggunakan informasi feedback yang diberikan oleh para alumni tempat kursus atau pelatihan tersebut.

Informasi tersebut dapat Anda lihat pada website pribadi penyedia jasa pelatihan bidang digital marketing maupun akun sosial media. Jika memang tanggapan yang diberikan bernilai positif dan nyata kebenarannya. Maka tak ada salahnya Anda menggunakan jasa pelatihan dari tempat tersebut.

Beberapa tips diatas dapat Anda gunakan untuk mencari tempat pelatihan dalam bidang digital marketing. Pilih sesuai kebutuhan dan juga ketersediaan dana yang Anda miliki. Dengan begitu Anda tidak akan merasa terbebani.

Tujuan Melakukan Training Digital Marketing

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika melakukan training atau pelatihan dalam bidang digital marketing tak hanya dilakukan tanpa tujuan. Pasalnya ada beberapa tujuan yang akan dicapai oleh para peserta pelatihan.

Namun sampai saat ini masih banyak yang belum mengerti akan tujuan tersebut. Agar Anda lebih mengerti dan yakin ketika akan melakukan  pelatihan terkait bidang tersebut. Maka berikut ini adalah penjelasan akan tujuan tersebut.

  1. Setiap peserta yang mengikuti proses training atau pelatihan dalam bidang digital marketing diharapkan mampu menerapkan berbagai macam ilmu yang didapatkan dalam proses pelatihan yang telah berlangsung.
  2. Setiap peserta yang mengikuti proses training atau pelatihan dalam bidang digital marketing diharapkan mampu menciptakan pengeluaran dalam menciptakan suatu proses digital marketing atau pemasaran suatu produk yang memanfaatkan media online.
  3. Mampu mengetahui target pasar yang akan dituju ketika proses pemasaran suatu produk tersebut. Selain itu peserta juga diharapkan mampu mengetahui bagaimana arah dari bisnis yang sedang dikembangkan.
  4. Setiap peserta yang mengikuti proses training atau pelatihan dalam bidang digital marketing diharapkan mampu menerapkan strategi pemasaran yang telah diajarkan selama proses pelatihan berlangsung.
  5. Setiap peserta diharapkan mampu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sosial media yang digunakan untuk proses pemasaran produk. Selain itu peserta juga diharapkan mampu mengetahui platform yang paling tepat untuk bisnis mereka.

Jenis Kelas Pelatihan Digital Marketing

Seperti yang telah dijelaskan pada kolom tips memilih pelatihan dalam bidang digital marketing. Bahwa Anda memang dituntut untuk bisa menentukan tujuan kenapa harus melakukan proses pelatihan tersebut.

Sebab hal tersebut akan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pemilihan kelas pelatihan dengan tepat. Biasanya para penyedia layanan pelatihan dalam bidang digital marketing akan memberikan beberapa pilihan kelas yang dapat Anda gunakan.

Namun dengan banyaknya kelas yang ditawarkan tentunya Anda sebagai seorang pemula akan kebingungan dalam menentukan pilihan. Disinilah pentingnya menentukan tujuan kenapa Anda melakukan proses pelatihan tersebut.

Agar Anda tidak begitu bingung, maka berikut ini adalah beberapa referensi kelas yang biasanya ditawarkan oleh pihak penyedia layanan pelatihan digital marketing.

1.     Kelas Konten Marketing

Kelas konten marketing menjadi salah satu kelas yang akan ditawarkan oleh penyedia pelatihan digital marketing. Dimana di dalam kelas tersebut Anda sebagai peserta akan diajarkan berbagai macam seluk beluk tentang konten dengan lengkap dan jelas.

Dimulai dari pembelajaran akan analisis masalahan yang terjadi, perancangan pembuatan suatu konten, hingga tahap membuat konten agar bisa menarik peminat dari calon pembeli. Tak hanya itu saja, kelas ini juga akan memberikan pembelajaran dasar akan dunia sosial media, periklanan, dan juga SEO.

Namun yang perlu Anda ketahui adalah kelas ini hanya memberikan pembelajaran dan pelatihan pembuatan konten untuk beberapa channel tersebut atau tidak sampai pada tahap pemikiran strategi dan algoritma yang digunakan pada sebuah konten.

Kelas ini begitu cocok bagi Anda yang ingin memiliki pengetahuan dan pelatihan terkait dengan bagaimana cara membuat suatu konten yang dapat menarik minat calon pembeli. Sebelum itu setidaknya Anda sudah dibekali dengan kemampuan desain grafis, videografi, dan juga penulisan suatu artikel.

2.     Pelatihan Facebook Ads Dan Instagram Ads

Facebook dan juga Instagram merupakan dua contoh sosial media yang sampai saat ini banyak sekali digunakan oleh pelaku usaha untuk mempromosikan semua produk yang mereka miliki. Didalam kedua platform sosial media tersebut ada sebuah fasilitas Facebook Ads dan Instagram Ads.

Dimana fasilitas dari masing-masing platform tersebut akan mempermudah para pelaku usaha untuk mengoptimalkan pemasarannya. Permasalahan yang sering muncul adalah meskipun semua orang dapat memasang fasilitas tersebut.

Namun tak semua orang mampu melakukan optimalisasi kegunaan dari fasilitas guna pengembangan bisnis yang sedang dijalankan. Maka dari itu kelas ini diperlukan sekali bagi Anda yang memang membutuhkan tips menjalankan digital marketing.

Pada kelas ini Anda akan diajarkan bagaimana cara membuat konten sesuai dengan target pasar yang diinginkan. Selain itu Anda juga akan diajarkan bagaimana cara untuk menyusun daftar targeting pada bagian profil bisnis.

Pada kelas ini hanya sampai pembelajaran akan hal tersebut saja dan tidak menyinggung akan perihal sosial media.

3.     Kelas Sosial Media

Tentunya Anda juga tahu jika sosial media adalah salah satu platform atau tempat yang sering digunakan untuk promosi suatu produk. Hal ini wajar saja, sebab sampai saat ini pengguna sosial media setiap harinya memiliki peningkatan.

Namun akan lebih baik jika Anda juga memiliki pengembangan sosial media secara organik agar pengikut Anda memang benar-benar pengguna aktif bukan pengguna pasif atau fake account. Beberapa pelatihan dalam bidang digital marketing menawarkan kelas sosial media agar peserta bisa melakukan pengembangan akun sosial media secara organik.

Pastinya Anda juga bisa menggunakan kelas ini guna memperlancar proses pemanfaatan digital marketing. Kelas ini akan membahas beberapa platform sosial media seperti Instagram, Facebook, Linkedin, youtube, tiktok, dan masih banyak lagi tergantung ketentuan dari pihak pelatihan.

Semua sosial media akan dibahas secara merata dan lebih mendalam. Didama kelas ini Anda juga akan diajarkan terkait dengan metode marketing yang digunakan, jenis konten yang akan dibuat, algoritma yang digunakan, hingga optimalisasi informasi profil yang Anda miliki.

Meskipun banyak platform sosial media yang akan dibahas. Namun setiap platform selalu memiliki keunikan dan karakteristik masing-masing. Maka dari itu akan lebih baik jika Anda berfokus pada satu buah platform sosial media dan jika memang sudah memahami betul platform tersebut barulah melebar ke beberapa platform lainnya.

Selain itu kelas sosial media juga akan memberikan pengetahuan dasar tentang fasilitas Ads setiap platform. Jika memang Anda ingin mendalami permasalahan fasilitas Ads, maka ada kelas lain yang bisa Anda ambil.

4.     Kelas Inbound Marketing

Beberapa kelas yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya akan memberikan Anda pembelajaran secara praktek. Namun pada kelas inbound marketing ini Anda akan lebih banyak dipertemukan dengan materi teori.

Kelas ini akan memberikan Anda pembelajaran terkait dengan sistem pemasaran tanpa melakukan menggunakan kegiatan pemasaran yang secara terus terang atau melakukan kegiatan pemasaran secara terselubung.

Bisa dibilang jika kelas inbound marketing adalah inti dari digital marketing. Kenapa bisa dikatakan begitu ?, hal ini mengacu pada kegunaan berbagai macam platform yang ada di dalam media internet adalah untuk sharing atau berbagi.

Maka dari itu proses promosi harus dilakukan secara halus atau secara terselubung. Semua cara terkait hal tersebut akan dibahas secara tuntas pada kelas ini. Bahkan Anda juga akan diberikan pengetahuan terkait dengan sosial media, blogging, social media, dan paid Ads.

5.     Kelas Google Marketing

Google merupakan salah satu mesin pencarian di halaman internet yang sampai saat ini selalu memiliki peningkatan jumlah pengguna aktif setiap harinya. Tentunya Google sendiri menyediakan berbagai macam dukungan fasilitas yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Kelas ini akan memberikan pembelajaran terkait dengan berbagai hal yang penting terkait tools atau fasilitas dari Google. Dimulai dari Google Ads, Google Analytics, Google Search Console, Google My Business, hingga Google Tag Manager.

Jika memang biaya kelas Google marketing yang ditawarkan kepada Anda sedikit lebih tinggi. Maka besar kemungkinan Anda juga akan mendapatkan fasilitas pembelajaran seperti Google 360.

6.     Kelas SEO

Selain sosial media, Anda bisa menggunakan website pribadi untuk menjalankan proses digital marketing. Di Dalam website juga membutuhkan sebuah konten. Konten tersebut bisa berupa artikel yang lengkap dengan sistem SEO.

Kelas SEO ini wajib Anda ambil ketika Anda menggunakan website sebagai media promosi. Pada kelas ini Anda akan lebih diberikan pembelajaran seperti cara membuat suatu website mendapatkan peringkat pertama pada halaman pencarian seperti Google.

Selain itu kelas ini juga akan membahas tentang produk atau fasilitas yang ditawarkan oleh pihak Google seperti Google Analytics dan juga Google My Business.

Kelebihan Dari Digital Marketing

Jika dilihat dari segi penggunanya maka digital marketing merupakan salah satu proses promosi yang sudah banyak digunakan oleh para pelaku usaha. Sebenarnya banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh digital marketing, menjadi salah satu alasan terkuat para pelaku usaha menggunakan sistem tersebut. Berikut ini adalah kelebihan yang ditawarkan oleh digital marketing.

1.     Lebih Mudah Menentukan Target

Beberapa platform yang Anda gunakan untuk melakukan proses promosi memiliki sebuah fasilitas Ads. Contohnya adalah Facebook Ads dan Google Ads. Dimana dengan menggunakan fasilitas tersebut Anda bisa lebih mudah menentukan target dalam proses promosi.

Anda bisa menentukan iklan yang dibuat akan dimunculkan kepada siapa saja. Dimulai dari umur, daerah, bahkan bisa juga hanya ditampilkan bagi mereka yang pernah mengunjungi akun yang Anda miliki.Dengan adanya hal ini Anda juga bisa lebih menghemat dalam segi biaya.

2.     Dana Lebih Terjangkau

Jika dibandingkan dari segi biaya, digital marketing melembutkan dapat memangkas pengeluaran biaya yang diperlukan. Hal ini dikarenakan berkurangnya material fisik yang digunakan untuk proses promosi.

Meskipun mengeluarkan biaya, Anda biasanya akan dikenakan pada tahap awal dan tahap perpanjang fasilitas yang diberikan oleh setiap platform. Itupun dengan biaya yang tidak terlalu besar.

3.     Promosi Tanpa Menganggu Audiens

Beberapa proses marketing seperti cold calling sering kali menjadi beban bagi para audiens. Anda biasanya akan ditawarkan berbagai produk yang tidak ada sangkut pautnya dengan kebutuhan yang diperlukan.

Namun ketika menggunakan proses digital marketing bisa mengurangi resiko terganggunya para audiens. Adanya data pelanggan yang telah mengunjungi akun sosial media maupun website yang Anda miliki akan lebih mempermudah melakukan proses promosi.

baca juga: pahami pengertian digital marketing jika Ingin Menerapkan di bisnis anda

4.     Lebih Cepat Dan Terasa Efektif

Jika dilihat dari segi waktu yang dibutuhkan. Maka proses promosi dengan sistem konvensional akan lebih banyak memakan waktu dan tidak efisien jika dibandingkan dengan digital marketing.

Sistem konvensional lebih banyak membutuhkan SDM dan material fisik promosi. Namun ketika Anda melakukannya dengan proses digital marketing, maka Anda bisa melakukan promosi dalam sekali klik dan akan menjangkau keseluruhan target yang Anda inginkan.

Dilihat dari berbagai macam kelebihan yang dimiliki oleh digital marketing. Maka tak heran jika sampai saat ini pelatihan digital marketing masih banyak dibutuhkan oleh pihak perusahaan maupun perorangan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on tumblr
Tumblr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel terbaru