4 Hal yang Mempengaruhi Standar Biaya Pembuatan Aplikasi

standar biaya pembuatan aplikasi – Smartphone memang menjadi salah satu benda elektronik yang banyak digunakan oleh hampir semua orang didunia ini. Tentunya Anda juga menyadari jika di dalam smartphone terdapat berbagai jenis aplikasi sesuai dengan kegunaanya. Dengan adanya hal tersebut membuat para penyedia jasa pengembang maupun pembuat aplikasi semakin banyak. Dalam membuat sebuah aplikasi memang memiliki standar biaya pembuatan aplikasi.

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi

Bisa dibilang jika sebuah aplikasi yang diciptakan dapat memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Bahkan bagi para pebisnis pun menyadari jika aplikasi dapat memberikan pengaruh yang begitu besar didalam bisnis yang sedang dijalankannya.

Selain itu banyak orang yang tak hanya menggunakan aplikasi saja. Pasalnya saat ini banyak sekali orang ataupun perusahaan besar yang sudah membuat sebuah aplikasi pribadi. Entah hanya untuk sekedar menyebarkan informasi maupun untuk keperluan pengembangan bisnis.

Dalam membuat aplikasi sebenarnya bisa dilakukan secara pribadi, namun jika Anda mengejar efisiensi dan efektifitas kinerja aplikasi. Maka tak ada salahnya jika Anda menggunakan salah satu jasa pembuatan aplikasi yang ada di daerah Anda.

Yang terpenting dalam pembuatan aplikasi adalah harga yang ditawarkan selalu berbeda. Setiap aplikasi yang dibuat selalu memiliki standar biaya pembuatan aplikasi. Banyak hal yang mempengaruhi besaran dana yang dibebankan. Diantaranya adalah seperti pada penjelasan dibawah ini. .

  1. Tingkat kompleksitas aplikasi yang akan Anda buat.
  2. Berbagai fitur yang ada dialam apliaksi tersebut. Selain itu setiap fitur selalu memiliki fungsi yang berbeda. Semakin banyak fitur yang harus ada, maka semakin tinggi biaya yang harus Anda bayarkan.
  3. Kemampuan dan pengalaman dari penyedia jasa juga mempengaruhi besaran biaya yang harus Anda bayarkan. Tentunya jika memang penyedia jasa masih memiliki pengalaman yang relatif rendah. Maka biaya yang dibebankan kepada Anda akan lebih terjangkau. Begitupun sebaliknya.
  4. Sistem operasi yang akan dimiliki oleh aplikasi tersebut juga mempengaruhi besaran biaya pembuatan.
  5. Desain arsitektur yang diperlukan oleh aplikasi tersebut sangatlah menjadi faktor penentu terjadinya lonjakan biaya yang dibebankan.
  6. Biaya yang diperlukan dalam pra proses, proses, dan tahap testing.

Beberapa poin diatas bisa dibilang sebagai poin penting yang mempengaruhi terjadinya perbedaan harga atau biaya pembuatan sebuah aplikasi. Nah dalam tahap ini Anda bisa menyesuaikan kebutuhan yang diperlukan.

Jika memang Anda menginginkan aplikasi dengan sistem dan fitur yang begitu sempurna. Maka biaya yang dibayarkan juga terbilang cukup mahal. Namun jika memang Anda hanya ingin melakukan pembuatan sebuah aplikasi dengan sistem pengembangan.

Maka tak ada salahnya untuk membuat aplikasi dengan sistem dan fitur yang sederhana. Namun seiring berjalannya waktu pengembangan aplikasi juga harus dilakukan agar ada peningkatan yang didapatkan oleh pihak Anda dan pengguna. Dengan begini biaya yang akan Anda tanggung tidak akan terasa berat.

Jenis-Jenis Aplikasi Smartphone

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika setiap smartphone yang dijual dipasaran selalu memiliki berbagai macam aplikasi didalamnya. Namun tahukah Anda jika setiap aplikasi selalu dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai kegunaannya.

Berikut adalah beberapa jenis aplikasi yang banyak digunakan oleh semua orang.

1.     Aplikasi Sosial

Adanya aplikasi sosial tak lain adalah untuk menghubungkan seseorang dengan orang lain hanya dengan menggunakan sebuah smartphone. Sampai saat ini sudah mulai banyak aplikasi sosial yang dibuat. Sebagai contohnya adalah Facebook, Instagram, dan masih banyak lagi.

2.     Aplikasi Komunikasi

Aplikasi komunikasi ini pastinya sangat tidak asing ditelinga Anda. Penjelasan mudahnya adalah aplikasi komunikasi ini memiliki tujuan untuk menghubungkan antara satu orang dengan orang lain.

Model hubungan yang digunakan biasanya seperti chat atau obrolan, telepon, bahkan hingga panggilan video. Sebagai contohnya adalah aplikasi whatsapp, Line, wechat, dan lain sebagainya.

3.     Tools Application

Tools application ini memiliki fungsi untuk membantu meningkatkan kinerja smartphone yang Anda miliki. Sebagai contohnya adalah aplikasi Google Translate dan aplikasi Audio Recorder.

baca juga: Begini Cara Upload Aplikasi Ke Google Play Store

4.     Aplikasi Photography

Sama seperti namanya, aplikasi photography memiliki fungsi untuk membantu proses pengambilan gambar atau foto hingga tahap editing yang dilakukan oleh penguna. Sebagai contohnya adalah aplikasi picsart.

Meskipun hanya beberapa, setidaknya Anda sudah memiliki gambaran untuk membuat sebuah aplikasi sesuai dengan jenisnya. Tentunya setiap aplikasi selalu memiliki standar biaya pembuatan aplikasi yang berbeda-beda.

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on tumblr
Tumblr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel terbaru