Begini Cara Upload Aplikasi Ke Google Play Store

Cara Upload Aplikasi Ke Google Play Store – Smartphone dengan sistem operasi Android memang sampai saat ini memiliki pengguna yang selalu meningkat. Pada umumnya smartphone selalu memiliki banyak sekali di dalamnya. Selain itu Anda sebagai pengguna smartphone Android juga dapat melakukan unduhan aplikasi yang dibutuhkan pada market aplikasi yaitu Google Play Store. Tak hanya untuk mengunduh saja, ternyata jika Anda memiliki sebuah aplikasi juga dapat diunggah di dalam market aplikasi tersebut. Namun diperlukan pengetahuan akan cara upload aplikasi ke playstore.

Cara Upload Aplikasi Ke Google Play Store

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika Google Play Store merupakan market aplikasi resmi yang ada di dalam smartphone dengan basis sistem operasi Android. Google Play Store tak hanya menyediakan fasilitas unduh aplikasi saja.

Namun jika memang Anda memiliki sebuah aplikasi. Anda Pun dapat melakukan unggahan dan mempublishnya secara langsung. Tentunya ketika Anda memutuskan untuk melakukan unggahan aplikasi tersebut diperlukan sebuah cara upload aplikasi ke playstore. Berikut ini adalah cara yang dapat Anda terapkan.

1.     Login

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah login atau masuk kedalam Google Play Store. Dimana pada tahap ini Anda dapat menggunakan pilihan menu “publish an Android App on Google Play”. ,pilihan menu tersebut dapat Anda temukan di dalam tampilan utama Google Play Developer Console.

2.     Memilih Bahasa

Ketika Anda berhasil masuk kedalam menu yang dijelaskan pada poin satu. Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu melakukan pemilihan bahasa yang digunakan dan melengkapi judul aplikasi yang akan dipublikasikan.

Pada tahap ini Anda bisa menggunakan menu pilihan “default language”. Jika memang bahasa Indonesia adalah bahasa yang akan digunakan. Maka pada pilihan “default language”, bahasa Indonesialah yang harus Anda pilih.

3.     Upload Aplikasi

Tahap berikutnya adalah melakukan unggahan APK dari aplikasi yang Anda miliki. Caranya Anda hanya perlu menggunakan pilihan “upload APK”. Pada tahap ini Anda akan diarahkan kedalam media penyimpanan APK tersebut dan lakukan pemilihan file APK yang akan diunggah.

Selain itu Anda juga harus menyiapkan sebuah keystore. Dimana keystore ini digunakan ketika Anda akan melakukan updating APK tersebut. Jika memang file keystore yang Anda miliki berbeda dengan file APK yang diunggah tersebut. Maka APK tersebut tidak mampu untuk diperbarui kembali.

4.     Persiapkan Gambar Dari Aplikasi

Gambar aplikasi merupakan salah satu ketentuan yang wajib dipenuhi ketika akan melakukan unggahan sebuah aplikasi di dalam market aplikasi seperti Google Play Store. Namun tak semua gambar bisa digunakan.

Setidaknya ada 3 kriteria yang harus dipenuhi terlebih dahulu dari gambar yang disiapkan. Berikut adalah kriteria yang harus dipenuhi tersebut.

  1. Anda dapat menggunakan gambar dari hasil screenshot aplikasi tersebut. Dalam tahap ini jumlah minimal gambar yang harus disiapkan adalah sebanyak 8 buah gambar. Sebisa mungkin gambar yang Anda siapkan memanglah menarik.

Hal ini dikarenakan gambar ini akan ditampilkan di halaman  deskripsi aplikasi yang akan diunduh oleh pengguna lain. Maka dari itu, menariknya suatu gambar aplikasi dapat mempengaruhi jumlah unduhan aplikasi yang Anda miliki.

  1. Persiapkan icon aplikasi yang akan digunakan untuk thumbnail pada bagian pencarian aplikasi di dalam Google Playstore. Pada tahap ini ukuran gambar yang diperbolehkan adalah 512px x 512px. Sama dengan poin sebelumnya, jika icon ini haruslah tetap menarik.
  2. Persiapkan gambar banner aplikasi. Ukuran banner yang dibutuhkan pada tahap ini adalh sekitar 1024 px x 512 px.

5.     Upload aplikasi pada layanan Google Play Store

Berikut ini adalh cara upload aplikasi pada layanan Google Play Store yang dapat Anda lakukan.

  1. Login Google Playstore dengan alamat email aktif dan password yang sudah Anda miliki sebelumnya.
  2. Gunakan button “creat application” dan lanjutkan dengan pemilihan bahasa yang digunakan pada opsi “default language”. Selain itu lengkapi juga title dengan judul aplikasi tersebut.

6.     Isikan beberapa form informasi yang dibutuhkan

Ada beberapa form informasi yang harus Anda lengkapi ketika proses upload aplikasi tersebut sudah berjalan sesuai dengan proses yang telah dijelaskan sebelumnya. Dimulai dari data APP Release, pengisian data store listing, data content rating, data pricing dan distribution.

baca juga: Begini caranya membuat aplikasi android dengan android studio

7.     Publikasikan APK Android

Tahap terakhir adalah melakukan publikasi aplikasi tersebut. Caranya adalah seperti penjelasan berikut ini.

  1. Gunakan menu App Release pada bagian kiri layar.
  1. Lanjutkan dengan pemilihan menu “edit release”.
  2. Yang terakhir adalah menggunakan pilihan “create”.

Cara upload aplikasi ke playstore diatas dapat Anda terapkan. Penjelasan cara diatas bisa dibilang sangatlah mudah untuk Anda gunakan.  Cara Upload Aplikasi Ke Google Play Store

 

 

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on tumblr
Tumblr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel terbaru