Yuk lebih dekat Mengenal Tentang Pengertian Digital Marketing

Pengertian digital marketing mungkin sudah lebih dikenal oleh publik akhir-akhir ini. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba mencari jasa digital marketing untuk memberikan dukungan kepada bisnisnya agar bisa berjalan dan berkembang dari tahun ke tahun. Sudah banyak yang beralih ke teknologi modern yang lebih canggih.

Mengenal Tentang Pengertian Digital Marketing

Pengertian digital marketing di era yang sudah serba digital ini membuat pemasaran secara digital atau online sudah menjadi salah satu faktor yang efektif untuk mendukung perusahaan. Pemasaran tradisional sudah dianggap kurang efektif karena saat ini sudah banyak yang menggunakan ponsel pintar untuk mengakses berbagai informasi melalui internet.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah merupakan pemasaran suatu produk baik itu barang maupun jasa yang dilakukan dengan menggunakan media digital. Pemasaran yang menggunakan media digital bertujuan untuk menjangkau calon pelanggan sebanyak-banyaknya dari berbagai wilayah.

Pemasaran yang menggunakan media digital memadukan antara teknik dan pengetahuan dalam teknologi dan psikologi pasar. Hal ini berbeda dengan pemasaran tradisional yang menggunakan pemasaran menggunakan baliho yang sudah kurang diminati dibandingkan media pemasaran platform digital.

Kategori Digital Marketing

Pada dasarnya, digital marketing terdiri dari 6 kategori yaitu :

SEO

SEO (Search Engine Optimization) bertujuan untuk mengoptimalkan website agar bida mendapatkan peringkat atau ranking teratas pada mesin pencari seperti Google. Apabila website berada di tingkat teratas maka akan lebih dipercaya oleh para pengguna internet dan tentunya akan meningkatkan pengunjung yang datang ke website.

SEO terbagi menjadi On Page SEO dan Off Page SEO. Website yang sudah menjadi kebutuhan perusahaan yang sangat penting tentu membuat perusahaan harus memahami SEO termasuk cara menganalisa menggunakan Google Analytics karena sudah banyak digunakan untuk digital marketing.

SEM

SEM (Search Engine Marketing) merupakan cara yang digunakan dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas website pada mesin pencari Google (SERP). Dengan ini website akan lebih terlihat bagi mereka yang memasukkan kata kunci sesuai dengan konten website anda.

Content Marketing

Content marketing merupakan cara pemasaran yang terfokus pada pembuatan konten berkualitas dan juga pendistribusiannya. Konten harus bersifat menarik dan juga informatif agar dapat menarik para pengunjung untuk datang dan betah berlama-lama di website. Tujuannya sama seperti pemasaran yang dilakukan biasanya yaitu untuk mendapatkan banyak pengunjung sehingga bisa mendapatkan keuntungan.

Contoh dari konten marketing selain konten yang menarik yaitu dengan mengirimkan email ke para pelanggannya, menginformasikan konten baru, dan lain-lain. Dengan ini maka pengunjung yang tertarik dengan konten yang dibuat akan datang ke anda dan menjadi pembeli.

SMM

SMM (Social Media Marketing) merupakan pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan sosial media. Setiap orang setidaknya memiliki 1 sosial media bahkan mereka lebih tertarik dengan produk yang dipasarkan menggunakan media sosial. Pemasaran menggunakan media sosial juga ada yang gratis maupun berbayar. Namun meskipun menggunakan pemasaran media sosial secara gratis, peluang untuk mendapatkan calon pelanggan tetap tinggi.

Email Marketing

Email marketing yaitu pemasaran dengan menggunakan email. Biasanya website perusahaan menyediakan sebuah form sehingga pengunjung dapat memasukkan email atau bisa membuat akun menggunakan email agar bisa melakukan pembelian produk. Perusahaan kemudian akan mengirimkan informasi seperti diskon produk, voucher, kode kupon, update produk baru, dan lainnya yang berkaitan dengan promosi kepada email calon pelanggan.

PPC

PPC (Pay Per Click) merupakan salah satu metode yang digunakan untuk melakukan iklan di internet di mana pengiklan akan membayar jika ada yang klik iklan mereka. Metode ini cukup populer bahkan mungkin anda sudah sering menemukan iklan-iklan yang muncul secara acak di internet. Contoh PC yaitu AdWords Google Selain PPC, terdapat juga PPM (Pay Per Impression) yaitu pembayaran setiap 1.000 kali kemunculan.

Setelah mengetahui jenis kategori-kategori digital marketing tentu anda akan lebih mudah menentukan digital marketing apa yang tetap dan dibutuhkan oleh perusahaan anda. Digital marketing adalah metode promosi yang efektif untuk mendatangkan calon pembeli dan meningkatkan pendapatan dan keuntungan serta dalam mengikuti era yang sudah serba canggih ini. pengertian digital marketing yang sudah dipahami akan memudahkan perusahaan dalam mengambil keputusan saat melakukan pemasaran.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on tumblr
Tumblr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *