6 Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Mudah Tanpa Root

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Mudah Tanpa Root

Written by rifeni

September 26, 2020

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android – Pernahkah Anda melihat rekan atau teman dekat membuka file pribadi di smartphone? Beberapa orang mungkin menganggapnya sepele. Namun, beberapa lainnya merasa risi dan hal tersebut sering menyebabkan pertikaian. Tentu, Anda berhak memiliki privasi yang orang lain tidak boleh mengetahuinya. Oleh karenanya, Anda bisa mencari tahu tentang cara menyembunyikan aplikasi di Android.

Dengan menyembunyikan aplikasi –seperti galeri, WhatsApp, dan lainnya, maka privasi Anda tentu saja akan cenderung terjaga. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa aplikasi yang cocok untuk membantu Anda menyembunyikan aplikasi tertentu tanpa harus melalui proses rooting.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Mudah Tanpa Root

Penasaran? Cek ulasan di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Tambahan Untuk Menyembunyikan Aplikasi Android

Ya, Anda membutuhkan aplikasi tambahan untuk menyembunyikan beberapa aplikasi yang sudah Anda instal di perangkat Android Anda. Dengan aplikasi ini, maka Anda bisa mengatur aplikasi mana yang akan Anda sembunyikan dari tangan-tangan jahil yang tidak Anda kehendaki.

Nah, beberapa aplikasi yang cocok untuk Anda instal diantaranya adalah sebagai berikut:

Security Master

Security Master adalah aplikasi yang bisa diandalkan untuk menyembunyikan beragam aplikasi yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile. Aplikasi ini cukup menarik dan telah diunduh lebih dari 24 juta kali di Google Play.

Ada cukup banyak fitur yang tersedia pada aplikasi ini, seperti variasi konsep kunci. Tidak hanya itu, Security Master juga bisa memotret mereka yang berusaha membuka keamanan smartphone Anda secara paksa. Aplikasi dengan fitur yang super lengkap ini bisa didapatkan secara gratis.

Baca juga:  7 Rekomendasi Aplikasi Wajib Android Untuk Mahasiswa

CM Locker

Rekomendasi aplikasi lain untuk menyembunyikan aplikasi smartphone Android adalah CM Locker. Aplikasi ini juga dikembangkan oleh Cheetah Mobile. Hanya saja, CM Locker fokus pada pengunci aplikasi saja.

Seperti namanya, aplikasi ini menyajikan beragam fitur yang siap membantu Anda menjaga privasi dengan lebih baik. Selain terdapat beragam pattern untuk mengunci, dengan CM Locker Anda juga bisa mengunci lock screen smartphone dan mengetahui siapa yang membuka paksa smartphone Anda melalui kamera.

App Lock – Fingerprint

App Lock – Fingerprint juga bisa diandalkan untuk melindungi privasi Anda. Seperti aplikasi lock standard lainnya, ada beberapa pilihan keamanan yang tersedia dan bisa dimanfaatkan dengan baik, termasuk penggunaan fingerprint untuk membuka lock screen.

Nah, apa yang menarik dari aplikasi ini adalah App Lock – Fingerprint bisa membuat smartphone Anda menjadi error. Kerusakan di sini sebenarnya adalah fake error untuk mengelabuhi orang-orang yang ingin membuka aplikasi Anda secara paksa.

App Lock – Hyper Speed

Hyper Speed mengembangkan aplikasi pengunci yang bisa Anda coba. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur standard untuk mengamankan aplikasi target dengan beberapa kombinasi pattern. Namun, ada keunggulan dari aplikasi ini di mana ada alarm yang bisa diaktifkan jika seseorang mencoba masuk atau membobol kode akses yang sudah Anda atur.

Selain adanya alarm untuk memaksimalkan proteksi, aplikasi ini juga memiliki fitur memotret pengguna yang ingin membobol akses yang sudah dikunci. Aplikasi keren ini hanya berukuran 6.5 MB saja dan bisa Anda dapatkan dengan gratis!

Private Me

Dari namanya saja, fungsi dari aplikasi ini sudah sangat jelas. Private Me merupakan pilihan lain untuk aplikasi yang membantu Anda mendapatkan privasi yang lebih pada smartphone yang Anda gunakan.

Di dalam aplikasi ini ada cukup banyak fitur yang ditawarkan, seperti pengunci aplikasi dengan beberapa variasi kunci yang bisa dipilih, pengingat keamanan, dan lainnya. Menariknya, aplikasi ini cukup kompatibel untuk smartphone Android yang memiliki sistem versi lama.

Menyembunyikan Aplikasi Bawaan Android

Selain menyembunyikan aplikasi untuk alasan privasi, pengguna Android seringkali juga menyembunyikan aplikasi bawaan dari brand smartphone. Terkadang, hal ini perlu dilakukan karena aplikasi bawaan tersebut tidak bisa dihapus dan tentu memenuhi desktop.

Nah, untuk menyembunyikan aplikasi bawaan ini, ada step yang cukup mudah untuk Anda ikuti, yaitu:

  • Buka menu setting pada smartphone yang Anda gunakan
  • Pilih opsi app atau aplikasi pada menu setting tersebut
  • Jika sudah, pilih menu application manager dan sentuh tab ‘all’
  • Pilih aplikasi bawaan yang ingin Anda sembunyikan
  • Klik disable
  • Selesai

Demikian beberapa ulasan tentang cara menyembunyikan aplikasi Android. Terapkan beberapa cara di atas untuk mendapatkan privasi yang lebih maksimal.

Baca Juga:

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

Share This
× Chat dengan kami