8 Tips Memilih Desain Website Sekolah Terbaik yang Harus di Pahami

Tips Memilih Desain Website Sekolah Terbaik

Written by rifeni

September 13, 2020

Tips Memilih Desain Website Sekolah TerbaikWebsite sekolah terbaik haruslah yang dapat memberikan informasi yang lengkap dan akurat tentang profil sekolah, data sekolah, fasilitas, dan informasi lainnya yang dapat mewakili sekolah dan memudahkan siswa atau orang tua siswa mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Website sekolah juga memiliki pengaruh penting terhadap reputasi sekolah.

Pengertian Desain Website Sekolah

Tips Memilih Desain Website Sekolah Terbaik

Desain website sekolah merupakan sebuah tampilan atau model website yang nantinya akan menjadi halaman yang ditampilkan kepada para pengunjung untuk menarik perhatian pengunjung saat membuka situs website tersebut.

Maka dari itu sangat penting untuk membuat website sekolah sekreatif dan semenarik mungkin agar tampilan website dapat menarik para pengunjung dan mencerminkan sebuah sekolah terbaik. Tentu saja desain sekolah akan mempengaruhi banyak hal baik bagi sekolah.

Tips Memilih Desain Website Sekolah Terbaik

Sekolah yang memiliki website yang menarik tentu akan menjadi nilai tambah bagi mereka terutama dalam meningkatkan penilaian masyarakat sehingga menjadi lembaga pendidikan yang dipercaya, modern, dan juga berkualitas.

Desain website yang kurang menarik tentu saja dapat berdampak pada penurunan reputasi sekolah sehingga sangat penting untuk memilih desain yang tepat dan cocok diaplikasikan pada website sekolah. Inilah beberapa tips memilih desain yang tepat.

1. Menarik

Salah satu unsur paling penting dalam membuat website sekolah yaitu harus menarik. Desain yang menarik dapat dilihat dari berbagai sudut mulai dari kualitas konten, warna, gambar, penempatan posisi, dan lain-lain. Sebisa mungkin buatlah website dengan desain yang menarik dari berbagai sudut.

Website sebaiknya tidak menggunakan warna yang terlalu banyak dan mencolok apalagi jika bukan sekolah anak-anak. Gunakan warna yang sesuai dengan identitas sekolah. Konten website juga sebaiknya berkualitas yang bersifat informatif dan persuasif.

2. Tidak ada halaman antara

Halaman antara pada website menjadi salah satu faktor pengunjung malas untuk membaca isi atau konten website. Pengunjung merasa kesulitan untuk pergi ke halaman utama sehingga sebaiknya website sekolah tidak menggunakan halaman antara.

Website sekolah yang menggunakan halaman antara biasanya akan memunculkan sebuah pop-up ucapan selamat datang atau informasi yang kurang penting lainnya sehingga cukup mengganggu para pengunjung yang datang ke website tersebut.

3. Hindari animasi atau audio pada halaman utama

Sebaiknya website sekolah tidak menggunakan animasi atau audio yang menggunakan sistem putar otomatis karena akan mengganggu pengunjung. Adanya audio dan animasi juga membuat website menjadi kurang formal bahkan dapat membuat pengunjung langsung menutup website tersebut.

4. Ada link ke halaman lain

Untuk memudahkan pengunjung, sebaiknya sertakan tautan atau link yang akan mengarahkan pengunjung ke halaman lain agar pengunjung bisa mengunjungi halaman lain dengan mudah. Pastikan penyertaan link dibuat semenarik mungkin dan disusun sesuai dengan kategorinya sehingga pengunjung bisa langsung klik link sesuai dengan informasi yang dibutuhkan.

5. Struktur yang tepat

Struktur website ini berhubungan dengan navigasi, kontak, gambar, logo sekolah dan sebagainya. Hal ini harus diperhatikan dalam pembuatan website di mana srtiap kategori haruslah disusun dan diatur sedemikian rupa agar halaman utama terlihat menarik namun tidak membuat halaman terlihat penuh.

6. Jenis font

Jenis font juga harus diperhatikan. Pastikan bahwa jenis font yang digunakan bersifat resmi dan tegas, bukan font yang membuat pengunjung cepat lelah saat membacanya. agar pengujung atau pembaca nyaman membaca informasi yang ada di website anda

7. Sediakan menu khusus foto dan video

Website sekolah yang baik biasanya memiliki menu khusus yang berisi foto dan video berkaitan dengan sekolah tersebut. Dengan ini foto dan video tidak digabungkan dengan halaman utama sehingga susunan konten akan jadi lebih rapi dan tidak memenuhi halaman utama.

8. Hindari iklan

Alangkah baiknya untuk menghindari halaman promosi iklan atau produk apapun. Dan jika memang ingin menyediakan halaman iklan sebaiknya hanya mempromosikan hal yang berhubungan dengan sekolah seperti kegiatan, lomba, dan sebagainya.

Inilah beberapa tips dalam memilih desain website sekolah terbaik agar bisa meningkatkan reputasi sekolah dan nilai yang baik di mata masyarakat. Sebaiknya website sekolah benar-benar dibuat dengan baik dan tidak sembarangan agar menarik para pengunjung yang datang ke website sekolah tersebut. untuk itu bisa anda pertimbangkan untuk memilih jasa pembuatan website yang berpengalaman

Baca Juga:

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

Share This
× Chat dengan kami