beda jasa pembuatan website marketplace dan olshop yang harus kamu tau

jasa pembuatan website marketplace – Saat ini semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia terasa lebih mudah dengan adanya bantuan teknologi. Anda tentunya sebagai pengguna teknologi juga menyadari akan hal tersebut. Sebagai contohnya adalah kegiatan jual beli.

Jika dahulu melakukan jual beli barang harus datang ke toko fisik dan bertemu dengan penjualnya atau sebuah interaksi yang terjadi antara pembeli dan penjual yang dilakukan secara langsung. Namun tahukah Anda jika hal tersebut sudah mulai tergeser dengan adanya kemajuan teknologi seperti marketplace.

Sebenarnya Anda sebagai orang yang mengikuti perkembangan teknologi juga bisa membuat sebuah website marketplace online dengan menggunakan bantuan dari jasa pembuatan website marketplace.

Pengertian Marketplace

Meskipun saat ini sudah banyak sekali marketplace yang mulai berkembang di Negara Indonesia. Namun masih ada beberapa orang yang hanya mengerti tampilan dari marketplace tanpa mengetahui pengertian atau arti yang sebenarnya dari marketplace tersebut.

Jika dilihat secara definisinya maka marketplace dapat diertikan sebagai perantara yang memberikan suatu tempat untuk para penjual dan juga pembeli dengan sistem online. Lalu jika dilihat dari segi kedudukannya, maka marketplace berada di kedudukan pihak ketiga.

Dimana marketplace hanya menyediakan sebuah fasilitas penjualan termasuk dengan sistem pembayaran dengan tingkat keamanan yang begitu tinggi. Tingkat keamanan pembayaran yang begitu aman ini lebih bertujuan untuk membangun kepercayaan antara pembeli dan juga penjual.

Sedangkan untuk fasilitas penjualan adalah adanya beberapa toko online yang dibuat oleh mereka yang berprofesi sebagai pembeli.

Jenis-Jenis Marketplace

Sebelum Anda memutuskan untuk membangun sebuah situs marketplace secara pribadi dengan menggunakan bantuan jasa pembuatan website marketplace. Setidaknya Anda memiliki pengetahuan akan jenis dari marketplace yang sudah Anda sampai saat ini.

Hal ini dilakukan agar Anda lebih mudah menentukan bagaimana bentuk atau sistem yang ada didalam website marketplace yang akan dibangun tersebut. Sampai saat ini ada dua jenis marketplace yaitu jenis marketplace murni dan marketplace konsinyasi.

Agar Anda lebih jelas lagi, berikut ini adalah penjelasan akan dua jenis marketplace tersebut.

1.     Marketplace Murni

Jenis marketplace yang pertama adalah marketplace murni. Dimana didalam jenis ini pihak penyedia marketplace akan memberikan fasilitas berupa bentuk lapak online yang dapat digunakan untuk berjualan oleh pihak penjual.

Selain itu pihak marketplace juga menyediakan sebuah fasilitas pembayaran yang sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang begitu tinggi untuk menjamin tidak adanya kejahatan pencurian di dalamnya.

Jika dilihat dari segi kebebasan yang diberikan kepada pihak penjual. Maka marketplace murni bisa memberikan jaminan kebebasan lebih tinggi daripada marketplace konsinyasi.

Mereka yang membuat sebuah lapak akan memiliki sebuah kewajiban untuk memberikan deskripsi pada bagian foto dari produk yang dijual didalam lapak tersebut. Tak hanya itu saja, para pembeli juga terkadang dapat memberikan penawaran harga terhadap pihak penjualnya.

Namun hal tersebut hanya berlaku ketika seorang pembeli belum melakukan proses pembayaran. Dan jika memang harga yang ditawarkan sudah pas, maka pembeli dapat melakukan pembayaran pada sistem yang telah tersedia didalam marketplace tersebut.

2.     Marketplace Konsinyasi

Berbeda dengan marketplace jenis sebelumnya yang memberikan kebebasan kepada pihak penjual. Pada marketplace jenis konsinyasi penjual atau pemilik produk hanya mampu menitipkan pada pihak marketplace.

Mereka yang akan membangun sebuah kerjasama dengan marketplace jenis konsinyasi hanya perlu menyediakan produk yang akan dijual lengkap dengan informasi atau deskripsi produk tersebut.

Proses selanjutnya akan dipegang oleh pihak marketplace. Dimulai dari sistem penjualan, foto produk, pengiriman suatu produk atau barang terhadap pembeli, sistem pembayaran yang diperlakukan, dan juga stok barang didalam gudang tersebut.

baca juga: jasa pembuatan website mlm jangan asal pilih, perhatikan ini

Perbedaan Marketplace Dan Online Shop

Meskipun sudah banyak marketplace yang dikenal oleh kebanyakan orang. Namun tetap saja masih ada beberapa orang yang tak dapat membedakan perbedaan dari marketplace dan online shop.

Secara mudahnya marketplace merupakan sebuah jembatan atau perantara yang mempertemukan antara pembeli dan juga menjual secara online. Sedangkan untuk online shop lebih ke penjualan secara langsung yang dilakukan oleh pihak penjual tanpa membutuhkan perantara.

Mereka yang menggunakan marketplace tidak perlu membuat sebuah website. Sedangkan orang yang ingin membuat sebuah online shop harus menyediakan sebuah website pribadi terkait dengan penjualan produk yang ditawarkan.

Dengan melihat berbagai informasi diatas, maka Anda dapat menentukan jenis marketplace yang akan dibuat. Tentunya akan lebih mudah lagi jika Anda menggunakan bantuan dari penyedia jasa pembuatan website marketplace.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on tumblr
Tumblr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *