3 Cara Menjalankan Aplikasi Android di PC Dengan Menggunakan Emulator

Cara menjalankan aplikasi android di pc – Menjalankan berbagai aplikasi Android menggunakan laptop adalah salah satu hal yang menarik. Pernahkah Anda memikirkannya sebelumnya? Ya, dengan hal ini, Anda tentu tidak perlu repot membawa smartphone ke mana saja jika di dalam tas Anda sudah ada laptop. Nah, pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana cara menjalankan aplikasi Android di PC atau laptop?

Perlu diketahui bahwa aplikasi Android bisa dijalankan dengan lancar menggunakan laptop atau PC yang terhubung dengan internet. Hanya saja, Anda membutuhkan emulator untuk menjalankannya. Emulator inilah yang nantinya akan mengubah sistem Android sehingga bisa cocok dan sesuai dengan default system yang ada pada laptop.

Lantas, bagaimana cara menggunakan emulator ini?

Cara Mudah Menggunakan Emulator Android

Sebenarnya, cara menggunakan emulator untuk menjalankan beragam aplikasi Android di PC atau laptop cukup mudah. Anda tinggal mengikuti beberapa step di bawah ini:

  • Cari da download emulator Android untuk PC dan laptop yang tersedia
  • Run atau instal file emulator yang sudah selesai diunduh sebelumnya dan tunggu proses instalasi hingga selesai
  • Selanjutnya, jalankan emulator tersebut yang sudah selesai diinstal
  • Login pada emulator menggunakan akun Gmail atau membuat akun baru. Tentu, lebih mudah jika anda login dengan akun yang sama seperti yang digunakan pada perangkat Android
  • Selesai

Setelah proses login selesai, maka tampilan emulator di layar PC atau laptop Anda akan berubah. Akan muncul daftar aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya di smartphone Android yang Anda gunakan. Tentu, Anda juga bisa mengunduh aplikasi lain dengan menggunakan menu pencarian.

Cara menjalankan aplikasi android di pc

cara menjalankan aplikasi android di pc yaitu menggunakan emulator memang akan sangat membantu untuk menjalankan aplikasi Android di PC atau laptop. Namun, ada beberapa tips yang harus Anda ketahui saat hendak menjalankannya.

Bisa dikatakan bahwa emulator termasuk aplikasi yang cukup berat. Oleh karena itu, cek spesifikasi PC atau laptop yang Anda gunakan sebelum melakukan instalasi. Pastikan jika spesifikasi device Anda mampu menjalankan emulator dengan lancar.

Baca juga: Ini 4 dia rekomendasi aplikasi edit foto terbaik android

Selain itu, cek pula system requirement pada emulator. Bisa jadi, masing-masing emulator memiliki detail system requirement yang berbeda di mana nantinya juga berpengaruh pada performa dari emulator tersebut.

Pilihan Emulator Populer Untuk Menjalankan Aplikasi Android di PC atau Laptop

Ada cukup banyak emulator yang tersedia dan bisa dijadikan opsi untuk menjalankan aplikasi Android di PC atau laptop dengan mudah. Nah, beberapa pilihan emulator tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Blue stacks

Bisa dikatakan Bluestacks adalah salah satu emulator Android yang paling umum digunakan. Emulator ini menawarkan antarmuka yang cenderung sederhana dan mudah dipahami pengguna.

Tidak hanya itu, ada cukup banyak fitur yang ditawarkan oleh emulator ini di mana akan menjadikan laptop Anda seperti smartphone Android yang baru. Nah, emulator ini bisa didapatkan secara gratis dan tersedia versi premium dengan biaya sekitar USD 2 per bulan. Sayangnya, Blue stacks termasuk emulator yang cukup berat.

  • Android Studio

Emulator lain yang bisa dipilih adalah Android Studio. Perlu diketahui, Android Studio sebenarnya merupakan perangkat lunak resmi yang digunakan untuk pengembangan aplikasi Android. Namun, emulator ini bisa pula dijadikan alat untuk menjalankan aplikasi Android di PC atau laptop dengan mudah.

Umumnya, Android Studio digunakan untuk mengecek dan mengetes aplikasi atau game yang sudah dibuat. Tetapi, Anda juga bisa menggunakannya untuk keperluan lainnya. Nah, ada cukup banyak fitur yang tersaji pada emulator ini. Hanya saja, interface Android Studio cenderung cukup rumit dan mungkin akan membingungkan bagi awam.

  • AR-Chon

AR-Chon bisa dikatakan sebagai emulator yang cukup unik dan berbeda dari yang lain. Hal ini dikarenakan AR-Chon merupakan add-on dari Google Chrome. Artinya, ia tidak berdiri sendiri.

Keunggulan dari emulator ini adalah tidak ada versi premium dan add-on ini gratis diunduh. Artinya, semua fitur yang tersedia bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh pengguna. Hanya saja, dukungan pada aplikasi Android masih cukup terbatas.

Dari ulasan di atas, Anda bisa mengetahui bagaimana cara menjalankan aplikasi Android di PC. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memilih mana emulator yang tepat dan bisa dijalankan dengan lancar di device Anda. Semoga membantu.

Deskripsi: cara menjalankan aplikasi Android di PC cukup mudah, yaitu dengan menggunakan emulator. Pilih emulator yang tepat, terutama yang kompatibel dengan sistem device.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on tumblr
Tumblr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *