Yuk belajar digital marketing dan tau pentingnya untuk bisnis Mu

belajar digital marketing – Kebutuhan yang semakin banyak diimbangi dengan harga yang semakin naik membuat beberapa orang memutuskan untuk membuat suatu gerakan berwirausaha. Baik bagi mereka yang masih mulai membuat, berkembang, dan sudah besar dalam usahanya pastinya berharap selalu ada kenaikan setiap bulannya.

Salah satu faktor pendukung perkembangan suatu bisnis adalah dari segi marketing. Seiring berkembangnya zaman sisi marketing suatu bisnis pun juga ikut berkembang. Jika dahulu masih menggunakan sistem konvensional seperti melakukan penawaran atau memperkenalkan suatu produk kepada calon pembeli dengan proses tatap muka.

Namun saat ini adanya kemajuan teknologi sistem marketing konvensional sudah mulai berubah ke segi digital marketing. Para pengusaha pun sudah mulai belajar digital marketing agar bisa lebih cepat dalam mengembangkan bisnisnya.

Bahkan pengusaha yang sudah mulai besar dan berbentuk suatu perusahaan pun mulai merekrut para pekerja yang bisa menjalankan digital marketing. Jika dilihat dari hal tersebut maka bisa diasumsikan belajar digital marketing itu diperlukan.

Pengertian Digital Marketing

Kebanyakan orang hanya mengetahui apa itu marketing, namun  tanpa tahu jika perkembangan teknologi sudah merubah sistem marketing yang banyak digunakan oleh para pemilik usaha. Ya, digital marketing adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi yang semakin maju guna mempromosikan, memasarkan, hingga memberikan efek ketertarikan calon pembeli terhadap produk termasuk dengan proses pembelian.

Agar dapat terwujudnya proses digital marketing yang begitu baik dan berimbang positif terhadap suatu produk yang dipasarkan, maka diperlukan sebuah media atau platform sebagai tempat maupun jembatan.

Salah satu platform yang paling tepat untuk menerapkan sistem digital marketing adalah menggunakan sosial media, website, hingga pembuatan aplikasi maupun memanfaatkan marketplace pihak ketiga. Teknologi yang setidaknya sudah digunakan oleh semua orang yang ada di dunia ini membuat suatu produk mudah dikenali oleh calon pembeli.

Tips Belajar Digital Marketing Bagi Pemula

Sebelum menjadi professional tentunya butuh proses dari bawah atau dari pemula. Hal ini juga berlaku bagi bagi mereka yang baru memasuki dunia digital marketing. Diperlukan penyesuaian, keterbiasaan, dan perubahan yang diperlukan dari peralihan sistem marketing konvensional menjadi sistem digital marketing.

Ada beberapa tips yang bisa mendukung pembelajaran terkait dengan digital marketing bagi pemula. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa tips belajar digital marketing pemula.

1.     Adanya kemauan belajar

Tak bisa dipungkiri dengan adanya keberadaan teknologi akan memberikan dampak kemudahan bagi kehidupan manusia termasuk pemasaran. Namun tetap saja, proses memasarkan barang tetap sama seperti cara konvensional tetapi menggunakan bantuan teknologi.

Artinya dalam memasarkan produk hingga menarik minat calon pembeli membutuhkan sebuah proses atau tak bisa dengan cara instan. Maka dari itu bagi Anda yang baru saja memasuki dunia digital marketing memang harus memiliki kemauan untuk belajar dan ngulik segala sisi dari sistem digital marketing.

Anda bisa mencoba melakukan pembelajaran digital marketing secara langsung pada salah satu platform sosial media. Pasalnya sosial media adalah pasar paling banyak digunakan oleh para pengusaha untuk mempromosikan brand atau produk yang mereka miliki.

Anda bisa memperhatikan bagaimana pemilik produk membuat suatu postingan, penulisan caption, hastag yang digunakan, bagaimana pemilik produk menanggapi komentar pada calon pembeli atau membangun interaksi dengan calon pembeli, like, dan beberapa aktivitas lainnya.

Dalam dunia digital marketing setidaknya ada beberapa istilah yang harus Anda pahami. Sebagai contohnya adalah seperti SEO, SEM, PPC, PPI, dan beberapa istilah lainnya. Anda cukup memahami inti dan kegunaan dari setiap istilah tersebut. Dengan begitu proses pembelajaran yang Anda lakukan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

2.     Membangun personal branding

Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah membangun personal branding. Personal branding memang begitu penting sekali untuk perkembangan bisnis Anda. Salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk membangun personal branding adalah menggunakan sosial media seperti Linkedin.

Dimana sosial media Linkedin berisikan berbagai macam orang dengan kemampuan pada bidangnya. Baik orang dengan kemampuan terbaik ataupun orang yang masih memulai membangun personal branding seperti Anda.

Beberapa orang menjadikan sosial media tersebut sebagai cara untuk mengukur kemampuan seseorang. Mereka yang memiliki profil menarik dan juga koneksi terbaik di dalam sosial media Linkedin akan dianggap lebih profesional dalam bidangnya.

Namun jika memang Anda ingin membangun personal branding di dalam platform sosial media lainnya juga tidak menjadi masalah. Intinya adalah bagaimana Anda membangun relasi terhadap mereka yang sudah memulai bisnisnya lebih awal.

3.     Selalu update perkembangan yang ada didalam dunia maya

Perlu Anda ketahui jika produk yang Anda jual tak hanya tersedia pada lapak yang Anda buka saja. Anda beberapa perusahaan atau pengusaha lain yang memutuskan untuk menjual produk yang sama dengan Anda namun mereka membedakan nama dan strategi pemasaran yang digunakan.

Maka dari itu selalu update terkait perkembangan apa yang ada di dalam dunia maya adalah salah satu tips belajar digital marketing pemula. Anda bisa memulainya dengan memperhatikan bagaimana strategi yang dimiliki oleh kompetitor lain ketika akan menggaet calon pembelinya.

Apa yang mereka lakukan tehrdap produknya, hal apa yang mereka berikan terhadpa produk, bagaimana cara untuk selalu update produk dan diketahui oleh para calon pembeli, hingga harga yang ditawarkan oleh competitor lain.

Bagi seorang pengusaha, hal tersebut memanglah harus dilakukan. Lagi-lagi Anda dapat mengamati proses tersebut di dalam platform sosial media seperti Instagram maupun Twitter. Anda dapat mengikuti akun lain yang berhubungan dengan bidang Anda.

Dengan begitu apapun yang mereka update, layar timeline smartphone Anda akan tersedia informasi tersebut.

4.     Mulai membangun jaringan

Tips berikutnya yang tak kalah pentingnya untuk Anda lakukan adalah mulai membangun jaringan relasi dengan pengusaha lainnya. Baik mereka yang bergerak dibidang yang sama maupun bidang yang berbeda.

Anda akan lebih mudah membangun jaringan relasi dengan menggunakan sosial media yang tepat. Beberapa sosial media yang bisa Anda gunakan adalah seperti Facebook, Line, maupun Linkedin.

Dimana beberapa sosial media tersebut memiliki fitur pembuatan grup. Tentunya Anda bisa mengikuti beberapa grup yang ada di dalam sosial media tersebut. Mulai dari grup para pengusaha yang bergerak dibidang yang sama dengan Anda maupun grub yang didalamnya berisikan pengusaha yang bergerak dibidang yang berbeda.

Biasanya di dalam grup tersebut tak hanya berisikan para pengusaha saja, mereka yang berstatus sebagai calon pembeli pun akan turut serta mengikuti grup tersebut. Namun sebelum itu pastikan jika perkembangan yang ada di dalam grup tersebut memang aktif adanya.

Artinya Anda harus memilih grub yang aktif dan memberikan efek positif terhadap bisnis yang Anda miliki.

5.     Mempelajari salah satu kemampuan yang mendukung digital marketing

Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam dunia digital marketing. Dimulai dari membuat suatu konten artikel yang didalamnya terdapat sistem SEO, ada juga yang membuat suatu website yang menjadi wadah dari artikel tersebut, ada juga yang menggunakan cara pembuatan konten dalam bentuk desain feed atau berupa video iklan, dan berbagai cara lainnya.

Meskipun Anda tidak bisa menguasai semua hal secara expert. Namun  pastikan jika Anda memiliki satu kemampuan diantara semua cara yang ada tersebut. Dengan begitu permasalahan produk seperti pemasaran akan lebih mudah Anda selesaikan menggunakan cara yang Anda tekuni tersebut.

Namun bukan berarti menutup peluang untuk mempelajari lebih dari satu kemampuan saja. Jika memang Anda memiliki kelebihan waktu dan multi talenta. Maka tak ada salahnya untuk menggunakan berapa cara pendukung digital marketing.

Yang perlu Anda pahami adalah Anda setidaknya memiliki satu buah kemampuan yang dapat menyelesaikan permasalahan produk yang akan Anda jual.

6.     Memiliki kemampuan dasar program atau kode

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika salah satu tips memasarkan suatu produk adalah dengan menggunakan suatu website. Tentunya Anda sebagai seorang yang akan menggunakan sistem digital marketing juga memang paling tidak mengetahui kode program pembuatan website.

Meskipun belum terlalu mendalami akan hal tersebut. Namun jika Anda mengikuti kelas, maupun tutorial yang ada di halaman internet. Tentunya Anda akan bisa membuat website dari dasar dengan semua fitur yang Anda inginkan.

Perlu Anda ketahui jika saat ini setidaknya sudah ada beberapa halaman website yang menyediakan fitur drag and drop. Dimana Anda bisa memanfaatkan website tersebut untuk digunakan dalam pembuatan website tanpa ada sentuhan kode.

Namun jika Anda tidak mau ribet dan terlalu memakan waktu. Maka sebagai pemilik produk, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website yang ada didaerah Anda. Mereka akan membantu menyelesaikan permasalahan terkait pembuatan website.

Anda bisa custom bentuk website yang diinginkan atau menggunakan beberapa paket yang ditawarkan. Salah satu rekomendasi jasa pembuatan website adalah Nusawebsite yang bisa Anda kunjungi untuk info selanjutnya pada link www.nusawebsite.com

Baca juga: 3 Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Volume Transaksi

7.     Adanya mentor

Penting sekali bagi Anda yang baru saja mempelajari dunia digital marketing untuk memiliki seorang mentor. Tentunya mentor yang Anda anut adalah mereka yang sudah berpengalaman dalam bidang tersebut.

Dengan bantuan mentor, perkembangan kemampuan digital marketing Anda lebih mudah realisasikan dan jika suatu saat terdapat beberapa kesalahan yang Anda lakukan. Setidaknya ada sosok yang dapat mengingatkan kesalahan dan memberi saran. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah berjalan dalam dunia digital marketing tersebut.

8.     Mau berlatih dan jangan menyerah

Tips yang terakhir adalah adanya kemauan untuk berlatih dan tidak pantang menyerah. Seperti yang dijelaskan di beberapa poin sebelumnya jika belajar digital marketing tidak bisa secara instan.

Artinya harus melalui proses. Produk Anda tidak akan dikenal orang jika Anda mengalami kegagalan dan tidak melanjutkan atau mengulik bagaimana kegagalan tersebut bisa terjadi. Maka dari itu mau berlatih dan selalu pantang menyerah adalah salah satu dasar pondasi bagi Anda yang akan membuka suatu usaha dan juga menjalankan pemasaran dengan sistem online seperti digital marketing.

Manfaat Belajar Digital Marketing

Jika Anda sudah membaca penjelasan sebelumnya tentunya Anda menyadari jika keberadaan dari digital marketing banyak memberikan manfaat bagi penyedia produk maupun bagi para pembelinya. Maka dari itu saat ini banyak sekali orang yang mulai mempelajari digital marketing tersebut.

Dimulai dari mengikuti kelas atau workshop hingga belajar secara mandiri atau otodidak menggunakan bantuan informasi yang ada di dalam halaman internet. Nah, agar Anda lebih jelas terkait manfaat belajar digital marketing, maka berikut ini adalah penjelasan terkait dengan hal tersebut.

1.     Media bertemunya seorang calon pembeli dengan penjual secara online

Manfaat belajar digital marketing adalah adanya pertemuan yang terjalin antara calon pembeli dengan penjual suatu produk tertentu. Artinya para penjual akan melakukan promosi terkait dengan produk yang mereka jual menggunakan beberapa platform tertentu.

Seperti media sosial, marketplace, iklan website, hingga website pribadi milik penyedia produk tersebut. Sedangkan pra pembeli akan berusaha mencari produk yang mereka butuhkan lewat beberapa platform yang digunakan oleh para penjual produk tersebut.

Hal ini akan menimbulkan suatu interaksi secara online antara para penjual dengan calon pembeli. Bahkan para penjual dapat secara real time melakukan pelayanan, sedangkan para calon pembeli dapat memiliki informasi produk dimanapun dan kapanpun mereka mau.

2.     Memberikan peluang penjualan yang tinggi

Ketika Anda memutuskan untuk mempelajari dan juga mengubah sistem marketing dari konvensional menjadi sistem digital. Maka salah satu manfaat yang dapat Anda miliki adalah peluang penjualan yang akan lebih tinggi.

Bahkan hingga 24% peningkatan pun akan Anda dapatkan. Hal ini dikarenakan kebiasaan orang yang semakin lama semakin mulai berubah. Jika dahulu kebanyakan orang akan mendatangi toko untuk membeli sesuatu.

Namun kali ini orang lebih suka menggunakan sistem online. Hal ini disebabkan oleh adanya kecepatan dan juga kepraktisan yang ditawarkan oleh sistem berbelanja online. Maka dari itu tak heran jika banyak pengusaha menggunakan digital marketing sebagai salah satu metode pemasaran produk mereka.

3.     Lebih hemat keuangan

Manfaat belajar digital marketing yang berikutnya adalah adanya peluang penghematan suatu pengeluaran perusahaan. Ada sebuah riset yang menunjukkan jika sekitar 40% penghematan biaya yang akan didapatkan dari pemanfaatan digital marketing.

Ada beberapa aspek yang dapat mempengaruhi terwujudnya penghematan pengeluaran. Sebagai contohnya adalah ketika Anda melakukan proses pemasaran secara konvensional, tentunya Anda membutuhkan sebuah cetak brosur selebaran, memasang spanduk di beberapa lokasi, dan membutuhkan tenaga SDM yang lebih besar.

Hal tersebut memang memberikan dampak pembengkakan keuangan. Namun ketika Anda menggunakan pemasaran dengan sistem digital marketing. Maka Anda tidak perlu memerlukan brosur, mmt, hingga kebutuhan tenaga kerja.

Anda bisa memulainya dengan membuat sebuah konten yang akan diposting di dalam sosial media. Dengan begini keuangan perusahaan juga akan lebih mudah terkontrol.

4.     Adanya layanan tepat waktu

Meskipun sistem online. Namun berbelanja online selalu mengedepankan adanya suatu respon tepat waktu. Artinya ketika seorang calon pembeli mengajukan suatu pertanyaan suatu produk. Maka ada tanggapan diwaktu yang sama dari para pemilik produk tersebut.

Sehingga hal tersebut membuat para pelanggan merasa diistimewakan dan memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap produk yang dijual. Sebagai contohnya adalah calon pembeli berubah status menjadi pelanggan tetap, pendapatan dari penjualan produk menjadi lebih tinggi dari sebelumnya, hingga adanya kepuasan tersendiri yang didapatkan oleh para pelanggan tetap tersebut.

5.     Jangkauan luas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika digital marketing membutuhkan bantuan sebuah layanan internet agar semua proses dapat terealisasikan dengan baik. Tahukah Anda jika sampai saat ini pengguna layanan internet semakin lama semakin naik.

Hal ini juga dapat memberikan suatu manfaat terhadap adanya digital marketing. Artinya dengan adanya hal tersebut, maka jangkauan yang diberikan oleh proses pemasaran suatu produk akan lebih luas.

Bahkan mereka tak perlu menggunakan laptop atau perangkat komputer jika ingin melakukan proses berbelanja maupun sekedar mencari informasi suatu produk. Pasalnya hanya dengan smartphone yang sudah terkoneksi internet, semua informasi yang dibutuhkan akan lebih mudah didapatkan.

Alasan Kenapa Harus Belajar Digital Marketing

Meskipun Anda dapat melakukan rekrutmen terhadap pekerja untuk menjalankan proses digital marketing untuk produk yang akan dijual. Jika Anda memiliki dana yang mencukupi untuk menggaji pekerja tersebut sebenarnya tak ada masalah apapun.

Namun jika memang usaha yang Anda jalankan masih berumur jagung. Maka akan lebih baik jika Anda sendirilah yang mulai mempelajari digital marketing tersebut. Selain lebih menghemat pengeluaran, Anda juga akan lebih mengerti seluk beluk dari pemasaran sistem online.

Ada beberapa alasan kenapa harus belajar digital marketing bagi para pemula. Agar lebih jelas terkait akan hal tersebut, berikut ini adalah penjelasannya.

1.     Pengguna layanan internet semakin meningkat

Tak bisa dipungkiri jika sampai saat ini hampir semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia semakin mudah dengan adanya bantuan dari layanan internet. Hal ini juga yang menjadi salah satu faktor pendorong manusia untuk menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai seorang pengusaha Anda juga harus lebih peka terhadap keadaan sekitar. Artinya jika semakin lama pengguna layanan internet semakin meningkat. Maka bisa diasumsikan jika proses pemasaran yang Anda lakukan juga harus beralih ke segi digital.

Dengan begitu produk Anda juga akan terus mengikuti perkembangan jaman dan teknologi yang ada saat itu.

2.     Suatu hal yang mudah

Banyak orang beranggapan jika mempelajari suatu hal yang baru seperti digital marketing adalah salah satu hal yang susah. Ya, hal tersebut akan terasa susah bagi Anda yang tak mau berusaha dan tak menghargai proses.

Sebenarnya banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk mempelajari digital marketing agar terasa lebih mudah. Salah satunya menggunakan media informasi yang ada di internet dan juga menggunakan bantuan mentor.

Jika menggunakan bantuan mentor, Anda akan lebih terarah dan lebih mudah mengetahui tips and trik yang dibutuhkan agar suatu produk bisa menembus pasar dan tepat ke sasaran dengan bantuan digital marketing.

Namun mentor yang dapat Anda gunakan adalah mereka yang berpengalaman dibidangnya.

3.     Suatu hal yang dibutuhkan

Jika memang Anda masih berfikiran akan ketidak pentingan terkait dengan digital marketing. Maka ubahlah pemikiran tersebut. Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya suatu zaman, maka pengguna internet juga akan semakin meningkat.

Dengan adanya hal tersebut, maka kebutuhan pemasaran suatu produk dengan layanan internet sudah pasti akan diperlukan.

4.     Dapat bersaing

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika produk yang Anda tawarkan selalu memiliki kompetitor lainnya. Tentunya jika Anda menerapkan beberapa tips and trik digital marketing. Meskipun produk yang Anda jual tersebut terbilang sama. Namun produk Anda tetap  bisa bertahan dan bersaing dengan kompetitor lainnya.

5.     Metode terbaik

Salah satu hal yang bisa menjawab kenapa harus belajar digital marketing adalah suatu metode yang terbilang cukup baik dan efektif terhadap pemasaran suatu barang. Artinya jika dibandingkan dengan sistem pemasaran konvensional yang memerlukan sebuah brosur, mmt, spanduk.

Ternyata digital marketing yang memanfaatkan layanan internet seperti sosial media, website pribadi, marketplace, olshop, dan beberapa platform lainnya dirasa begitu efektif. Keuangan akan lebih terkontrol dan target pasar bisa semakin meluas.

Tahapan belajar digital marketing

Penjelasan yang terakhir ini akan membahas terkait tahapan belajar digital marketing. Sebab meskipun terasa mudah, namun tetap saja ada beberapa tahapan yang perlu dilalui. Berikut ini adalah penjelasan terkait dengan tahapan yang dapat Anda terapkan tersebut.

1.     Memiliki produk dan target market yang dituju

Tahapan yang pertama adalah memiliki sebuah produk yang akan dijual. Selanjutnya Anda bisa lanjut ke tahap berikutnya yaitu menentukan target market yang akan dituju. Sebagai contohnya adalah ketika Anda memiliki sebuah produk minuman kopi.

Dan target market yang akan Anda tuju adalah anak muda. Pertanyaannya adalah apakah produk Anda ini benar-benar dibutuhkan oleh target market yang Anda tuju.

Artinya adalah bagaimana produk yang Anda jual tersebut memiliki nilai guna terhadap calon pembeli. Jika memang terdapat nilai guna yang pasti, maka kemungkinan besar produk Anda miliki dapat bertahan dengan pesaing dan lebih mudah menembus pasar.

2.     Membuat sebuah website

Meskipun ada opsi menggunakan bantuan marketplace. Namun  akan lebih baik jika Anda membangun sebuah website pribadi. Dimana website ini akan berisikan semua produk yang akan Anda jual sesuai kategori yang ada didalam menu website tersebut.

Jika Anda memiliki website pribadi, maka Anda bisa mengelola semua sistem yang ada didalamnya. Mulai dari postingan konten yang dibutuhkan, sistem order yang diterapkan, hingga sistem pembayaran yang diberlakukan.

Jika dibandingkan dengan menggunakan bantuan marketplace, maka bisa diasumsikan jika segi kekuasaan dapat Anda miliki dengan adanya website pribadi. Meskipun membutuhkan dana yang digunakan permasalahan pembuatan website.

Namun hal tersebut begitu wajar, sebab Anda hanya perlu melakukan pembayaran satu kali. Dan tentunya Anda bisa menggunakan website tersebut sesuai keinginan Anda. Ketika ada kesalahan atau kerusakan pada website, Anda hanya perlu mengeluarkan dana yang terbilang tidak sebesar pada masa pembuatan.

3.     Membuat sosial media

Selain menggunakan bantuan website pribadi, Anda bisa memanfaatkan layanan sosial media. Keberadaan sosial media disini adalah untuk melakukan promosi terkait dengan produk yang Anda jual.

Tentunya Anda juga harus membuat akun beberapa sosial media. Sebagai contohnya adalah akun Instagram dan juga Facebook. Namun terkait dengan sosial media yang akan Anda gunakan adalah pilihlah yang menurut Anda nyaman digunakan dan paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang.

Dengan begitu proses pemasran dan menarik minat calon pembeli akan terasa lebih mudah.

4.     Aplikasikan metode SEO, SEM, dan sosial media Ads

Hal terakhir yang bisa Anda terapkan adalah memanfaatkan segala bentuk metode yang ada di dalam digital marketing. Metode tersebut adalah seperti SEO, SEM, dan sosial media Ads.

Dimana ketika Anda ingin menggunakan metode SEO bisa dengan memanfaatkan para penyedia jasa SEO. Harga yang ditawarkan biasanya akan lebih terjangkau dan memiliki jangkauan waktu yang begitu panjang.

Lalu untuk SEM atau search engine marketing, Anda bisa menggunakan bantuan layanan dari fitur Google Ads. Fitur tersebut dapat mempermudah website Anda memastikan pengunjung dan untuk produk yang Anda jual bisa memiliki pembeli.

Sedangkan untuk sosial media Ads Anda bisa menggunakan layanan yang diberikan oleh sosial media tersebut atau menggunakan bantuan dari mereka yang ahli dalam bidang tersebut.

Dengan penjelasan diatas, tentunya Anda bisa memulai mempelajari digital marketing. Meskipun sebagai pemula, namun lambat laun kemampuan dan target yang Anda inginkan akan lebih mudah untuk dicapai.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on tumblr
Tumblr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel terbaru