45 Menit membuat aplikasi penjualan dengan android studio mudah

Membuat aplikasi penjualan dengan Android studio  – Pernahkah Anda merasa sering kerepotan untuk melakukan pencatatan arus masuk dan order pada bisnis yang dijalankan? Nah, membuat aplikasi penjualan dengan android studio mungkin bisa menjadi solusi yang Anda perlukan.

Bisa dikatakan bahwa kehadiran aplikasi penjualan adalah salah satu bentuk kemajuan dalam strategi bisnis. Dengan membuat aplikasi ini, manajemen bisnis, terutama penjualan, akan bisa diatur dengan lebih rapi. Artinya, pembukuan bisnis Anda akan lebih clear dan tentu masalah-masalah terutama dalam kesalahan pencatatan bisa dihindari dengan maksimal.

membuat aplikasi penjualan dengan Android studio

Lantas, bagaimana cara untuk membuat aplikasi penjualan tersebut dengan menggunakan Android studio?

Cara membuat aplikasi penjualan dengan Android studio

Langkah pertama untuk membuat aplikasi penjualan adalah dengan membuat deskripsi aplikasi. Contoh dari deskripsi aplikasi salah satunya adalah:

  • Nama pelanggan
  • Nama barang yang dibeli
  • Jumlah barang yang dibeli
  • Harga barang
  • Uang pembayaran

Beberapa deskripsi singkat tersebut nantinya akan membantu Anda dalam pelayanan pesanan. Tentu, Anda bisa menambahkan informasi lain sesuai detail yang diinginkan.

Jika deskripsi tersebut sudah selesai, maka step-step berikutnya untuk membuat aplikasi penjualan Android tersebut adalah sebagai berikut:

  • Buka Android Studio dan buat project baru dengan mengklik laman create new project
  • Beri nama pada project tersebut, seperti ‘penjualan’ atau lainnya
  • Tentukan target SDK dan kemudian pilih empty activity
  • Lanjutkan pengisian hingga opsi finish. Anda bisa menggunakan opsi ukuran device 5.1 WVGA pada emulator
  • Buka layout dan kemudian klik activity_main.xml untuk membuat layout. Ada beberapa bagian layout, seperti text view, scroll view, button dan edit text. Cari kode-kode xml dari bagian layout tersebut
  • Cek hasil layout yang dibuat
  • Selanjutnya, berikan coding Java yang terdapat pada MainActivity.java. Anda bisa mencari variasi kode tersebut
  • Jika sudah selesai, running aplikasi. Apabila tidak ada error pada kode Java, maka aplikasi penjualan yang Anda inginkan sudah siap untuk digunakan

Pilihan Aplikasi Penjualan Android

Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat aplikasi penjualan dengan menggunakan Android Studio tersebut, maka Anda bisa saja menggunakan aplikasi yang sudah jadi. Ada cukup banyak aplikasi penjualan yang terdapat di Google Play dan bisa digunakan bahkan secara gratis.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Android Tanpa Watermark dan Gratis

Nah, adapun beberapa aplikasi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Loy-Verse Point of Sale

Loy-Verse Point of Sale bisa menjadi salah satu aplikasi penjualan terbaik untuk bisnis Anda, aplikasi ini memang dirancang untuk pasar internasional dan menyediakan beragam bahasa yang berbeda. Tercatat ada sekitar 25 pilihan bahasa dan bisa digunakan hingga di 200 negara yang berbeda.

Nah, apa yang menarik dari aplikasi ini adalah Anda bisa menggunakannya secara gratis hingga tidak ada limit transaksi yang diperlukan. Ada cukup banyak menu andalan yang terdapat pada aplikasi ini dan tentu saja akan menunjang bisnis yang Anda miliki, mulai dari jenis usaha kecil hingga menengah.

  • Kasir Toko Portable

Opsi lain untuk aplikasi penjualan yang menarik adalah Kasir Toko Portable. Aplikasi yang satu ini secara khusus dibuat untuk usaha-usaha retail. Terdapat fitur-fitur yang bisa dikatakan cukup lengkap untuk sebuah aplikasi mobile yang gratis.

Di dalam aplikasi ini disajikan beragam menu yang tentu saja bisa membantu Anda mengatur bisnis dengan lebih baik. Beragam menu seperti sistem manajemen pelanggan, laporan laba, transaksi kredit, catatan hutang dan lainnya ada di dalam satu aplikasi ini.

Tidak hanya itu, aplikasi ini bisa dijalankan secara offline. Artinya, Anda tidak perlu bergantung dengan sambungan internet saat menjalankannya.

  • Kasir Pintar Free

Kasir Pintar Free adalah aplikasi penjualan buatan anak negeri. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk menyediakan aplikasi kasir yang cukup simple sekaligus mudah digunakan untuk para pelaku usaha di Indonesia.

Ada beberapa keunggulan dari aplikasi yang satu ini, seperti pengelolaan keseluruhan data yang mudah diatur tanpa teknik khusus. Selain itu, tampilan interface aplikasi ini sangat menarik dengan susunan menu yang mudah dipahami.

Nah, dengan beberapa ulasan di atas, Anda bisa saja membuat aplikasi penjualan dengan Android studio atau menggunakan aplikasi yang sudah jadi. Dengan penggunaan aplikasi tersebut, tentu Anda bisa menjalankan bisnis dengan lebih baik! membuat aplikasi penjualan dengan Android studio adalah solusi untuk melancarkan detail bisnis. Di sisi lain Anda juga bisa menggunakan aplikasi yang sudah ada di Google Play.

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on tumblr
Tumblr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *